CARA PUBLISH APLIKASI ANDROID KE ANDROID MARKET / PLAYSTORE

Ketika kita membuat sebuah aplikasi berbasis android dan setelah kita selesai membuat dengan segala persiapan pada aplikasi, sekarang saatnya memulai persiapan langkah demi langkah untuk upload di Play Store agar para pengguna android lain nya dapat merasakan aplikasi yang kita buat dan tentunya kita bisa pasangkan iklan seperti google adsense.


Langkah-langkah Cara Upload Aplikasi Android Di Play Store :

  • Persiapkan pertama yaitu anda harus memiliki akun google, untuk syarat yang satu ini saya yakin anda sudah memilikinya.
  • Buat akun android developer, jika belum memilikinya bisa klik disini
  • Kita harus membayar biaya pembuatan akun android developer itu. biaya untuk memasarkan produk android yang anda buat seharga 25 USD dan bisa dibayarkan dengan kartu kredit
  • Buka dan isi form registrasi klik disini
  • Setelah itu kita bisa memulainya dengan cara klik upload application. Dan kita akan dibawa ke halaman untuk mendaftarkan aplikasi kita di Play Store.

Ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi antara lain:

1. Screenshot Aplikasi
Kita harus menyiapkan setidaknya 2 buah Screenshoot aplikasi. dengan ukurannya bisa 320 x 480, 480 x 800, 480 x 854 atau 1280 x 800. File 24 bit PNG atau JPEG (tanpa alpha) Full bleed, tanpa border. kalian bisa pergunakan fitur screenshoot dari perspektif DDMS  di eclipse. Screen shot ini akan dilihat oleh para pengguna aplikasi kamu di bagian overview dari Google Play Store web maupun mobile.

2. High Resolution Icon
Icon ini sifatnya mandatory. Dengan ukuran yang berkisar 512 x 512 pixel, 32 bit PNG atau JPEG dan memiliki besar maksimum 1024 KB. Icon ini akan di tampilkan di Play Store via web dan juga di Play Store via mobile untuk perangkat dengan resolution tinggi.

3. Promotional Graphic
Grafik ini sifatnya opsional, dengan ukuran 180 x 120 pixel, 24 bit PNG atau JPEG (tanpa alpha) Full bleed, tanpa border. Grafik tersebut akan ditampilkan di android market mobile di masing-masing device.

4. Feature Graphic
Feature grafik juga bersifat optional.  Dengan ukuran 1024 x 500 pixel, 24 bit PNG atau JPEG (tanpa alpha). Ada kemungkinan grafik kita akan di downsize ke mini atau micro. Fitur Grafik ini akan di pergunakan di header aplikasi anda di Play Store versi web.

5. Promotional Video
Jika anda memiliki promotional video untuk aplikasi kamu yang ada di saluran You Tube. Maka anda dapat meletakkan link video tersebut di bagian ini (optional).

6. Listing Detail
Bagian ini adalah bagian dimana kita menjelaskan mengenai aplikasi kita melalui kata-kata. Listing Detail terbagi menjadi beberapa bagian:

a.Title (Nama aplikasi kita di Play Store)
b.Description (Deskripsi mengenai aplikasi kita, kegunaan dan cara pemakaian)
c.Recent Changes (Perubahan yang terjadi di versi ini, biasanya saat melakukan upgrade kita meletakkan informasi fitur terbaru di bagian ini)
d.Promo Text
e.Application Type ( Apakah sifatnya aplikasi atau games)
f.Category (Pilihan category untuk aplikasi kita)

7.Contact Information
Kita bisa meletakkan informasi mengenai website, alamat email dan nomor telepon yang ingin di hubungi terkait dengan aplikasi kita.

Saat kita mempublikasikan aplikasi kita dengan menekan tombol publish yang terletak di bagian bawah halaman tersebut, maka saat itu juga aplikasi kita di Google Play Store langsung bisa dilihat dan di download oleh semua orang. Proses ini dilakukan tanpa harus menanti proses verifikasi yang biasanya memakan waktu berhari-hari.

Demikian sedikit pencerahan mengenai Cara Upload Aplikasi Android Di Google PlayStore silahkan dipraktekkan bagi yang membutuhkan nya dan selamat mencoba semoga berhasil.

Leave a Reply