Air kelapa minuman alami yang pas dikonsumsi saat olahraga

Air kelapa minuman alami yang pas dikonsumsi saat olahraga.

Olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi Anda jangan abaikan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat melakukan olah raga, tubuh kehilangan banyak cairan, dan jika cairan tersebut tidak diganti akibatnya tubuh akan mengalami dehidrasi. Bahkan, sebuah penelitian menjelaskan, tubuh yang mengalami dua persen dehidrasi akan mengakibatkan hilangnya energi sebanyak 30 persen.

Lalu, jenis minuman apa yang baik dikonsumsi? Selain air mineral, ternyata air kelapa juga baik dikonsumsi saat berolah raga.Sebuah analisis ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti di AS mengungkapkan, air kelapa mengandung lima kali lipat kalium dibandingkan dengan minuman kebugaran lainnya.

Analisis  lainnya menunjukkan bahwa 12 ons air kelapa memiliki lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang. Air kelapa dengan kandungan air paling tinggi dapat ditemui pada kelapa yang berusia muda dan masih hijau.

Air menyegarkan ini sangatlah populer di kawasan negara tropis. Lihat saja, para penjual yang menjajakannya di pinggir pantai. Selain itu, minuman ini juga dijual dalam produk kemasan kaleng dan karton oleh perusahaan minuman dengan menonjolkan sisi kesehatan.

Melansir Huffington Post, tim Bhattacharya dari Indiana University Southeast juga telah membandingkan air kelapa dengan Gatorade dan Powerade. Hasilnya, air kelapa memiliki kandungan 1500 mg/liter kalium lebih tinggi, dibandingkan Gatorade dan Powerade yang hanya memiliki 300 mg/liter kalium.

Orang yang mengkonsumsi makanan rendah kalium dan natrium akan memiliki risiko lebih tinggi 50 persen kematian akibat penyakit jantung.

Leave a Reply