Taukah Anda Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit? Berikut ini Penjelasanya

 

Mungkin anda selalu mendengar tentang Sistem Operasi 32-bit dan sistem operasi 64-bit, namun anda selalu bertanya apa sih itu? dalam sebuah sistem operasi ini selalu tertera dan apabila anda menginstal software pun selalu ada istilah tersebut. Nah kali ini kita akan membahas pengertian dari Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit ini, berikut ini penjelasan lengkapnya untuk anda.

Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit

Perbedaan Sistem 32-bit dan 64-bit

Dalam sistem operasi sebuah satuan data ini disebut ‘bit’  nah untuk yang dimaksud dari 32 bit ini bisa dibilang kecepatan komputer yang dapat memproses 2³² data dalam satu waktu, sedangkan untuk istilah komputer 64 bit, adalah kecepatan memproses 2⁶⁴ data dalam satu waktu.

Dalam cara kerja dari CPU ini menangani sebuah informasi, untuk versi yang 64-bit saat menggunakan RAM lebih besar dari pada versi yang 32-bit, hal tersbut yang akan membuat 64-bit ini akan lebih cepat dalam memproses suatu data saat multitasking atau menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan.

Intinya Windows 32 Bit, menggunakan Processor sebagai inti dibanding Memory, sedangkan Windows 64 Bit, menggunakan Memory sebagai inti dibanding Processor, maka dari itu kalau pakai 64 Bit, memory harus besar. Karena kinerja memory lebih dipekerjakan, jadi untuk keunggulan sudah dipastikan lebih bagus untuk komputer yang 64 bit.

Nah yang anda perlu tau, untuk 32 bit ini sering ditulus menjadi x86 sedangkan 64 bit akan ditulis x64, hal ini akan terlihat ketika anda ankan menginstal sistem operasi windows, jadi jangan bingung kenapa tidak ada tulisa 64 bit maupun 32 bit, dan jangan samapai salah, karena biasanya banyak fitur akan tidak berfungsi jika salah instal dalam ukuran bit ini.

Perkembangan satuan bit ini mulai pada ukuran 4 bit, 8 bit, dan kemudian 32 bit, dan sampai sekarang untuk yang 64 bit sudah semakin banyak, karena seiring dengan kemajuan teknologi yang membutuhkan kecanggihan dan kecepatan yang lebih dalam memproses data.

Untuk pemakaian bisa dilihat dari ukuran RAM Kmputer anda jika hanya 1 sampai 2 GB disarankan untuk memakai yang 32-bit saja, namun jika RAM nya 4GB sampai 8GB bisa juga mencoba menggunakan untuk Sistem Operasi yang 64-bit, karena akan lebih leluasa dalam menjalankan sebuah aplikasi sekaligus atau sering disebut multitasking

Dan apabila untuk Laptop biasanya sudah tertera di keterangan untuk pemakaian yang cocok untuk versi 32 atau 64 bit, jadi lebih baik periksa terlebih dahulu untuk spesifikasi laptop anda, karena sekarang sudah ada Laptop yang memiliki RAM mencapai 4GB namun cocoknya menggunakan Sistem Operasi yang 32 bit.

Leave a Reply